Gadget Awak Seorang pemimpi dan pecinta gadget. Selalu memberikan informasi mengenai gadget khususnya smartphone dan laptop.

Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy S10 Plus (2019)

6 min read

Utama Samsung Galaxy S10 Plus

Samsung kembali merilis smartphone Series S terbaru mereka, tidak datang sendiri series S terbaru ini akan diluncurkan dengan 3 bersaudara yakni Samsung Galaxy S10, Galaxy S10e, dan Samsung Galaxy S10 Plus. Berbeda dengan series sebelumnya, S10 datang membawa beberapa perubahan baru mulai dari komponen hardware, fitur sampai desainnya. Perbedaan antara 3 bersaudara ini lebih mencolok pada jumlah kamera, desain kamera depan serta ukuran layar.

Kali ini Gadget Awak akan fokus membahas Samsung S10 Plus saja, Samsung Galaxy S10 Plus hadir untuk bersaing di kelas tertinggi smartphone yakni kelas high-end atau flagship. S10 Plus datang membawa beberapa perubahan yang mencolok seperti desain kamera yang teletak di sekeliling layar dan beberapa fitur menarik yang akan kita bahas nanti. Untuk pilihan warna S10 Plus memiliki banyak pilihan yang dapat disesuaikan dengan keinginnan Anda seperti Prism White, Prism Black, Prism Green, Prism Blue, Canary Yellow, Flamingo Pink, Ceramic Black, Ceramic White, Cardinal Red, dan Smoke Blue.

Untuk Samsung S10 Plus sendiri akan terbagi menjadi beberapa varian yakni RAM 12 GB dengan memori internal 1TB, varian RAM 8 GB dengan memori internal 512 GB, dan terakhir varian RAM 8 GB dengan memori internal 128 GB. Untuk Samsung Galaxy S10 Plus akan dibandrol dengan harga cukup tinggi yakni :

  • 12GB/1TB: Rp 23.999.000
  • 8GB/512GB: Rp 18.499.000
  • 8GB/128GB: Rp 13.999.000

Apa saja fitur unggulan S10 Plus sehingga membuat smartphone ini mahal apakah dari desain, performa, atau kelebihannya. Berikut kami bahas spesifikasi lengkap Samsung Galaxy S10 Plus ini untuk Anda.

Desain dan Tampilan Samsung Galaxy S10 Plus

Tidak dapat disangkal bahwa Galaxy S10 Plus merupakan smartphone yang cantic. Untuk desainnya sendiri tidak jauh berubah dari pendululunya, tetapi berkat desain ini membuat Samsung mendapatkan antusias dari penggematnya. S10 tetap menggunakan layar lengkung ganda pada samping layar dengan bezel yang hampir sama sekali tidak kelihatan.

Sekilas tidak ada perbedaan antara Galaxy S9+ terdahulu dengan Galaxy S10 Plus ini. Tetapi Anda dapat merasakan perbedaannya ketika Anda memegangnya. Galaxy S10 Plus mempunyai bobot yang cukup ringan dengan spesifikasi serta fitur yang disediakan.

Dengan berat hanya 175 gram, Galaxy S10 Plus mudah dipegang dan memberikan kenyamanan saat di tangan berkat desain lengkungnya. Ponsel ini terasa kokoh dan menawarkan faktor bentuk yang ramping. Ukuran Galaxy S10 Plus ini tergolong cukup lebar yang membuatnya sulit untuk mencapai bagian atas layar dengan satu tangan, tetapi hal tersebut telah diatasi oleh Samsung dengan hadirnya Sistem OS yakni One UI. Mengapa? Kami akan membahasnya dibawah.

samsung-galaxy-s10-desain Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy S10 Plus (2019)

Untuk bagian bawahnya terdapat lubang charge dengan dukungan USB type C, speaker pada bagian kanan, dan lubang headphone 3,5 mm. Bagian kanan smartphone ini terdapat akses cepat untuk Bixby dan bagian kirinya terdapat pengatur volume dan tombol power. Sedangkan bagian atasnya terdapat slot untuk menaruh SimCard dan MicroSD hingga 1TB Anda.

Untuk bagian belakang Galaxy S10 Plus dilindungi dengan perlindungan Gorilla Glass 5 yang lebih kuat, sedangkan bagian depannya oleh Gorilla Glass 6. S10 + hadir dengan desain keramik pada bagian belakangnya, untuk varian warna lain terdapat beberapa gradien warna yang membuat tampilan bodi belakang smartphone ini semakin cantik. Untuk warna penulis lebih menyukai warna hitam.

Mengikuti trend zaman sekarang, S10 Plus hadir dengan sensor sidik jari di layar. Bukan sekedar in-display fingerprint sensor tetapi S10 Plus memberikan fitur keamanan terbaru bernama Ultrasonic fingerprint sensor. Dengan teknologi ini Samsung membuat 3D model sidik jari Anda berdasarkan menggunakan gelombang suara. Seharusnya Ultrasonic fingerprint sensor ini lebih akurat dan lebih secure untuk menjaga keamanan smartphone Anda.

Sederhananya sensor sidik jari ultrasonik lebih baik daripada in-display fingerprint biasa yang menggunakan cahaya seperti di Samsung Galaxy A80, tetapi tidak secepat in-display fingerprint biasa. Karena menggunakan sensor gelombang suara tidak disarankan menggunakan sebagian besar pelindung layar kaca karena dapat mengurangi tingakt akurasi S10 Plus ini.

Layar Samsung Galaxy S10 Plus

samsung-galaxy-s10-layar Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy S10 Plus (2019)

Memang layar besutan Samsung merupakan layar terbaik hingga saat ini. S10 Plus hadir dengan layar 6.4-inch dengan resoulusi 3,040 x 1,440 WQHD+ dengan rasio aspek 19: 9, 522ppi dan dukungan HDR10 +. Dukungan panel Dynamic OLED yang memiliki warna yang kaya dan beragam. Panel baru ini mengubah material warna sehingga panel OLED ini dapat menghasilkan warna yang 100 persen sama yang terdapat di TV Samsung kelas atas.

Sementara untuk mengurangi pemakaian baterai. Smartphone ini diatur default dengan resolusi 2.280 x 1.080 untuk menghemat baterai, dan secara default pengaturan warnanya akan di set ke “natural”, yang sedikit lebih redup sehingga membuat tampilan warna terlihat kurang jenuh tetapi lebih alami bagi mata, Layarnya dapat memberikan tingkat kecahayaan 1200 nits untuk membaca dibwah sinar matahari.

Baca juga : Samsung Galaxy A20

samsung-galaxy-s10-layar1 Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy S10 Plus (2019)

Layarnya cukup besar pada 6,4 inci dengan bezeless. Untuk layarnya sendiri Galaxy S10 menyusun kameranya berada disekeliling layar dengan nama Infinity-O punch hole yang terdapat di kanan atas layar. Punch Hole ini berada sejajat dengan ikon notifikasi pada layar, sehingga tidak benar-benar menghalangi bagian tampilan mana pun. Kamera ini hanya akan menghalagi sekitar menonton video dengan full screen. Tetapi yang sudah kami katakana bahwa penempatan ini juga tidak terlalu menganggu karena tidak berada di titik pusat layar.

Dari warna di layar hingga kontrasnya, semuanya terlihat sangat fantastis. Resolusi QHD + dan dukungan HDR10 + memberikan kualitas yang sangat bagus untuk menonton video HDR. Untuk menghemat baterainya Anda juga dapat menurunkan resolusi ke tingkat FHD +.

Untuk hasil Dalam pengujian sensor sidik jari pada Samsung Galaxy S10 tidak terlalu bagus. Samsung secara terus – menerus mengeluarkan pembaruan perangkat agar membantu tingkat akurasinya menjadi lebih baik lagi. Karena termasuk teknologi yang baru banyak kelemahan – kelemahan yang terdapat di sensor ultrasonik ini.

Mungkin terdengar berulang tetapi Samsung memang benar-benar memberikan tampilan layar terbaik pada smartphone. Tampilan Dynamic AMOLED yang baru ini memberikan warna yang lebih kontras dan lebih dalam serta angkauan dinamis yang lebih baik, dan sudut pandang yang sangat baik.

Software Samsung Galaxy S10 Plus

samsung-galaxy-s10-ui Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy S10 Plus (2019)

Samsung membuat perombakan yang cukup dalam untuk S10 Plus ini dengan sistem operasi besutannya One UI yang dipamerkan di Samsung Developer Conference pada bulan November 2018 lalu. Samsung S10 Plus ini menjalankan sistem operasi Android 9 Pie terbaru dengan One UI versi 1.1 dan patch keamanan Android Februari 2019.

Setelah gagal dengan OS TouchWiz atau Samsung Experiencenya yang lambat. Samsung benar-benar hadir dengan One UI terbaru mereka. One UI ini dapat menangani beberapa masalah terbesar yang kita hadapi saat menggunakan smartphone dengan layar lebar. One UI dapat membuat ikon aplikasi menjadi lebih besar secara default, dan menu pengaturan agar terasa lebih mudah dinavigasi walaupun dengan satu tangan saja.

Baca juga : Samsung Galaxy M20

Fitur One Ui lainnya yaitu terdapat mode full gelap yakni dark mode, dark mode ini hadir dengan membalut One UI dengan full tema gelap. Dark Mode ini juga di Android Q, tetapi One UI yang berada di Android Pie telah memiliki dark mode sehingga kenyamanan pengguna S10 Plus ini akan semakin meningkat. Animasi UInya juga lebih lancar dan tidak ada kendala lag yang terjadi.

Kamera Samsung Galaxy S10 Plus

samsung-galaxy-s10-kamera Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy S10 Plus (2019)

Galaxy S10 Plus dengan 3 kamera utama yang disusun secara horizontal dengna Dual LED flashnya. Untuk kamera pertamanya memiliki resolusi 12MP f/2.4 untuk telephoto dilengkapi dengan OIS dan autofocus, kamera keduanya yakni beresolusi 12MP untuk wide-angle lens dengan Dual Aperture (f/1.5-2.4), dan kamera terakhir beresolusi 16MP untuk ultra wide-angle dengan f/2.2 sensor. Pada bagian depannya S10 Plus memiliki kamera ganda yakni 10MP f/1.9 untuk kamera depan utama dan 8MP f/2.2 untuk depth sensor camera yang support dengan Live Focus.

Pengaturan kameranya di S10 Plus ini dapat memberikan beberapa pilihan serta filter untuk menangkap gambar. Dengan menekan satu tombol saja, Anda dapat beralih ke kamera ke mode standard wide-angle, ultra wide-angle atau telephoto. Selain itu terdapat mode Live Photo, mode Pro, Food, Super Slow-mo, Hyperlapse, dan bahkan ada mode Instagram khusus, yang dapat langsung membuka Instagram setelah Anda memotret gambar sehingga Anda dapat membagikannya langsung.

Galaxy S10 Plus hadir dengan memberikan kamera yang menakjubkan, walaupun kameranya yang memiliki Samsung Dual Aperture yang inovatif, kamera S10 Plus ini tidak dapat bersaing dengan kompetitor – kompetitor seperti Huawei, Google and Oppo yang memberikan mode Night yang dapat menangkap gambar dengan tingkat cahaya yang minim.

Dalam sebagian besar situasi dengan tingkat kecahayaan yang tinggi, kamera bekerja dengan sangat baik. Kamera utama menangkap detail luar biasa di siang hari. Autofocusnya cukup cepat dan stabil dalam menghasilkan foto yang tajam dan tajam. Untuk fitur zoomnya S10 Plus juga memberikan gambar yang luar biasa dengan detail yang jelas.

Baik kamera depan dan belakang terdapt mode Live Focus untuk menghasilkan efek bokeh. Live Focus menggunakan primary wide-angle camera untuk menangkap bokeh.

Selain keunggulan diatas kamera S10 Plus ini juga telah didukung bantuan AI untuk mengenali banyak scenes yang berbeda. AI juga secara otomatis mengganti scenes yang sesuai contohnya dengan waktu malam hari untuk mengaktifkan fotografi malam hari, walaupun hasil yang diberikan kurang memuaskan karena tidak adanya Night Mode.

Ulasan mengenai : Samsung Galaxy A50

Peforma Samsung Galaxy S10 Plus

samsung-galaxy-s10-geekbench Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy S10 Plus (2019)

Untuk mendukung segala fitur serta peformanya S10 Plus ini ditenagai dengan Qualcomm Snapdragon 855 SoC terbaru dan tertinggi hingga saat ini. Dilengkapi juga dengan RAM 8 GB yang dapat meningkatkan peforma smartphone ini, tidak terlihat adanya lag saat berpindah antar aplikasi maupun bermain game dengan tingkat kualitas tertinggi. Untuk socre Antutunya sendiri Galaxy S10 Plus mendapat skor 359,817, walaupun tidak dapat menyaingi Xiaomi Mi 9 yang sama – sama menggunakan Snapdragon 855.

Untuk hasil pengujian benchmarknya, Samsung S10 Plus ini dapat dengan mudah mengalahkan kompetitor lain yang masih menggunakan Qualcomm Snapdragon 845 versi pendahulu 855.
Hasil aplikasi benchmark seperti Geekbench 4, dan 3DMark berikut kami berikan hasilnya

Untuk hasil pengujian Geekbench 4 Galaxy S10 Plus untuk single-core mendapat skor 3,484 dan untuk multi-core mendapatkan skor 10,902.

Untuk versi 3DMark Galaxy S10 Plus mendapatkan skor 4,827 untuk Sling Shot Extreme – Vulkan, 5,608 untuk OpenGL ES 3.1.

Review : Samsung Galaxy A70

Baterai Samsung Galaxy S10 Plus

samsung-galaxy-s10-baterai Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy S10 Plus (2019)

Untuk mendukung kinerja yang diberikan Snapdragon 855. Smartphone ini dibekali abetai yang cukup besar yakni datang dengan kapasitas 4.100 mAh.

Untuk ketahanan daya baterai pada Galaxy S10 Plus tidak kalah fantastis. Untuk penggunaan rata – rata S10 Plus ini dapat bertahan enam dan delapan jam screen on-time dengan menggunaan yang cukup berat selama seharian,

Selain baterainya yang besar smartphone ini telah mendukung teknologi terbaru bernama Wireless Powershare, dimana fitur ini memungkinkan pengisian daya dengan sesama smartphone samsung yang mendukung wireless PowerShare untuk berbagai daya baterai. Dengan adanya fitur PowerShare pastinya S10 Plus juga telah mendukung pengisian sescara Wireless.

Untuk Wirelss Chargingnya Samsung telah meningkatkan kecepatan pengisian hingga 15 Watt, meskipun bukan yang tercepat seperi Xiaomi dengan Wirelss Charge sebesar 20 Watt. Untuk pengisian baterai secara konvensional juga mendapat fast charge sebesar 15 Watt.

Harga Samsung Galaxy S10 Plus

Untuk harga Samsung Galaxy S10 Plus yang ditawarkan di Indonesia, harga terakhir yang ditawarkan di e-commerce seperti Tokopedia untuk varian untuk varian RAM 8 dengan 128 GB storage dapat dibandrol dengna harga Rp. 10.790.000. Untuk varian lain yakni 8GB/512GB dapat dibandrol dengna haraga Rp.14.680.000 dan varian tertinggi RAM 12GB/1TB dengan hagra Rp. 23.999.000.

Spesifikasi Samsung Galaxy S10 Plus

Tertarik untuk membelinya.., Eisst tunggu dulu, sebelum tekad Anda bulat, yuk simak dulu spesifikasi lengkap Samsung Galaxy S10 Plus dibawah ini

Rilis

Diumumkan
Februari, 2019
RilisMaret 2019

Bodi

Dimensi157.6 x 74.1 x 7.8 mm (6.20 x 2.92 x 0.31 in)
Berat175 g (6.17 oz)
SIMSingle SIM (Nano-SIM) or Hybrid Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)

Tampilan

TipeDynamic AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors
OSAndroid 9.0 (Pie); One UI
ChipsetExynos 9820 (8 nm) - EMEA
Qualcomm SDM855 Snapdragon 855 (7 nm) - USA/LATAM, China
CPU4x1.95 GHz Cortex-A55) - EMEA
Octa-core (1x2.84 GHz Kryo 485 & 3x2.41 GHz Kryo 485 & 4x1.78 GHz Kryo 485) - USA/LATAM, China
GPUMali-G76 MP12 - EMEA
Adreno 640 - USA/LATAM, China

Memory

Slot kartumicroSD, up to 1 TB (uses shared SIM slot) - dual SIM model only
Internal1 TB, 12 GB RAM, 128/512 GB, 8 GB RAM

Kamera Utama

Triple12 MP, f/1.5-2.4, 26mm (wide), 1/2.55", 1.4µm, Dual Pixel PDAF, OIS
12 MP, f/2.4, 52mm (telephoto), 1/3.6", 1.0µm, AF, OIS, 2x optical zoom
16 MP, f/2.2, 12mm (ultrawide), 1.0µm
FiturLED flash, auto-HDR, panorama
Video[email protected], [email protected], [email protected], HDR, dual-video rec.

Kamera Depan

Dual10 MP, f/1.9, 26mm (wide), 1.22µm, Dual Pixel PDAF
8 MP, f/2.2, 22mm (wide), 1.12µm, depth sensor
Video[email protected], [email protected]

Sound

LoudspeakerYes
3.5mm JackNo

Umum

WLANWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/ax, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth5.0, A2DP, LE, aptX
GPSYes, with A-GPS, GLONASS, BDS, GALILEO
NFCYes
RadioFM radio (USA & Canada only)
USB3.1, Type-C 1.0 reversible connector

Fitur

SensorFingerprint (under display), accelerometer, gyro, proximity, compass, barometer, heart rate, SpO2

Baterai

KapasitasNon-removable Li-Po 4100 mAh battery
ChargingFast battery charging 15W
Fast wireless charging 15W
Power bank/Reverse wireless charging 9W

Lainnya

WarnaPrism White, Prism Black, Prism Green, Prism Blue, Canary Yellow, Flamingo Pink, Ceramic Black, Ceramic White, Cardinal Red, Smoke Blue
ModelSM-G975F, SM-G975U, SM-G975W, SM-G975U1, SM-G9750

Kesimpulan

S10 Plus terdiri dari 3 pilihan dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Untuk peforma serta fiturnya pastinya akan membuat kenyamanan dalam penggunaan sehari – hari. Desain yang elegan serta mewah membuat smartphone ini layak menjadi pilihan Anda untuk Anda yang memiliki budget berlebih. Kelemahan smartphone satu ini dapat ditutup dengan banyaknya kelebihan seperti depan belakang dilindungin oleh Gorilla Glass, In-display fingerprint terbaru, peforma tertinggi serta baetari yang memadai.

Kelebihan

  • Smartphone kelas flagship dengan desain elegan dan mewah
  • Body depan belakang terbuat dari kaca dan dilindungi Gorilla Glass
  • Peforma tertinggi saat ini
  • Dilengkapi In-display fingerprint
  • Tripel Camera di bagian belakang dan Dual Camera di bagian depan
  • Support NFC
  • Support Wireless Charging 15 Watt
  • Menggunakan USB type C 3.1 dan support fast charging 15 Watt
  • Baterai besar

Kekurangan

  • Harganya yang cukup mahal
  • In-display fingerprint yang masih perlu perbaikan.
Gadget Awak Seorang pemimpi dan pecinta gadget. Selalu memberikan informasi mengenai gadget khususnya smartphone dan laptop.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *