Gadget Awak Seorang pemimpi dan pecinta gadget. Selalu memberikan informasi mengenai gadget khususnya smartphone dan laptop.

Harga dan Spesifikasi Oppo Reno (2019)

4 min read

Utama Oppo Reno

Dengan perilisan untuk Reno Series di Beijing, China, Oppo juga merilis varian lainnya yakni Oppo Reno. Varian Reno ini hadir tanpa fitur 10x Zoom yang terdapat di Oppo Reno 10x Zoom. Berbeda dengan kakaknya yang bersaing di kelas high-end, smartphone ini akan hadir untuk bersaing di kelas menengah. Dari berita yang didapatkan bahwa untuk Pasar Indonesia akan tersedia dua 2 varian Reno yakni Oppo Reno dan versi 10x Zoom.

Oppo Reno akan hadir dengan layar 6.4 inci OLED edge-to-edge display. Ditenagai dengan chipset kelas menangah yaitu prosesor Qualcomm Snapdragon 710 dengan RAM 6 GB, 128 GB penyimpanan internal atau RAM 8 GB dengan 256 GB penyimpanan internal. Untuk urusan kamera, Oppo Reno dilengkapi kamera dengan resolusi 48 MP dan dilenkapi kamera kedua dengan depth sensor.

Oppo Reno hadir untuk memberikan pilihan kepada pengguna yang ingin menggunakan Oppo Reno tetapi tidak ingin spek yang terlalu tinggi atau harga yang terlalu mahal. Harga yang ditawarkan untuk Oppo Reno biasa ini berkisar antara Rp. 6,3 juta dengan RAM 6GB dan Rp. 7,6 juta untuk RAM 8GB.

Oppo Reno Harga dan Spesifikasi

Berada di kelas menengah Oppo Reno tetap memberikan ciri khas utama Reno yakni kamera dengan desain Pivot Rising Camera, desainnya yang tidak kalah dari kakaknya. Penasaran dengan desain, dan spesifikasinya?. Tim Gadget Awak akan kupas semua untuk Anda dibawah.

Desain dan Tampilan

oppo-reno-desain Harga dan Spesifikasi Oppo Reno (2019)

Tidak berbeda jauh dengan versi varin 10x Zoom, untuk versi Normalnya Oppo Reno juga menawarkan desain yang sama yakni dengan desain glossy yang membuat smartphone ini nyaman dilayar. Ukurannya juga sangat pas untuk digunakan dengan satu tangan yakni berukuran 156.6 x 74.3 x 9 mm dengan berat 185 gr saja.

Untuk varian Reno ini akan hadir dua tekstur glass pada bagian warna dengan varian warna Ocean Green, Jet Black, Nebula Purple, and Pink Mist. Selain itu terdapat dua kamera yang menemani Oppo Reno ini yaitu 48 MP Sony IMX586 f/1.7 + 5 MP Depth Sensor. Tidak terdapat fingerprint sensor dibagian belakang bodi karena Reno juga telah mendukung fitur in-display fingerprint sensor.

oppo-reno-desain1 Harga dan Spesifikasi Oppo Reno (2019)

Untuk bagian depan layar dilindungi dengan Gorilla Glass 6. Layar yang diberikan berukuran 6.4 inci dengan 19.5:9 ‘panoramic’ display aka layar besar tanpa poni. Panel OLED yang diberikan juga memberikan warna dan contrast yang baik. Oppo Reno juga hadir dengan fitur Blue Light Filter untuk mengurangi kelelahan pada mata saat penggunaan dengan waktu yang lama.

Layarnya juga didukung dengan display fingerprint sensor, dimana Oppo mengatakan bahwa sensor ini 28% lebih cepat dari teknologi sebelumnya. Masih dibagian displaynya layar Reno tidak memiliki notch atau poni karena mengusung teknologi terbaru yakni Pivot Rising Camera yang berbentuk seperi sirip hiu. Dengan hal ini Oppo Reno ini memiliki bezel yang tipis dengan scrren-to-bodynya mencapai 93.1% ratio.

Software

oppo-reno-ui Harga dan Spesifikasi Oppo Reno (2019)

Untuk softwarenya sendiri Oppo menggunakan Color OS 6.0 terbaru mereka dengan basis Android Pie 9.0. Untuk tampilan yang dibawakan di Color OS 6.0 berbeda jauh dengan default Android Pie, desain icon dan penempatan icon dibuat sedemikian rupa agar dadpat memudahkan penggunanya. Tampilannya juga bersih dan rapi. Pada very Oppo Reno juga terdapat software HyperBoost 2.0, dimana software ini mengurangi delay saat membuka aplikasi dan meningkatkan peforma gaming.

Di segi Uinya tidak terlihat perbedaan mencolok antara versi Normal dengan versi Zoomnya, versi Reno ini juga memiliki fitur navigasi gesture untuk sliding menggantikan navigasi bar yang terlihat kuno. Untuk navigasi gesture Anda tinggal swipe dari bawah ke atas untuk mengakses Recent Apps, Back, maupun Home Screen.

Kamera

oppo-reno-kamera Harga dan Spesifikasi Oppo Reno (2019)

Bagian kamera terdapat 2 kamera utama yakni 48MP degan sensorSony’s IMX586, dengan ukuran sensor 0,5 inci, apterure f/1.7, 26mm focal length dan 0.8µm piksel yang meningkatkan peforma dalam berfoto dengan kondisi terang.

Oppo Reno dilengkapi dengan Kecerdasan buatan AI yang melekat pada Reno yakni teknologi Ultra Night Mode 2.0 dan Dazzle Color yang keduanya memiliki fokus untuk meningkatkan akurasi warna, dynamic range yang besar besar dan pengurangan noise di kondisi foto yang sulit dan kurang cahaya.

Ponsel ini tidak mendukung OIS (optical image stabilisation) tetapi dengan sensor pintar pixel-binning memungkinkannya untuk menggabungkan data gambar empat piksel menjadi satu untuk membuat gambar akhir 12 MP yang lebih halus dan dengan tingkat zoom digital berkualitas tinggi.

Berbeda dengan versi 10x Zoom, Ponsel ini juga dapat mendukung perekaman video dengan 4K recording di 30fps tetapi untuk versi Zoomnya dapat merekam 60 fps + OIS.

Kamera keduanya dengan resolusi 5MP aperture f/2.4 untuk 2X zoom dan berguna pada mode portrait untuk menciptakan efek bokeh.

oppo-reno-kamera-depan Harga dan Spesifikasi Oppo Reno (2019)

Beralih ke ciri khas Oppo Reno yakni sirip hiunya atau disebut Shark Fin. Shark Fin menggunakan teknologi motorik yang didesin terbuka secara otoamtis. Desain ini dibuat Oppo untuk menghasilkan gambar dari sudut yang sangat baik (golden angel). Dari siripnya yang tersembunyi dibekali 16 MP, f/2.0, 26mm (wide) dengan Motorik sensor ketika beralih ke Mode Selfie atau untuk Face Unlock.

Shark Fin ini muncul dengan tingkat kemiringan 11° yang dapat muncul dengan waktu 0.8s, lebih lambat dari pop-up camera yang dimiliki Oppo F11 Pro atau Vivo V15 Pro tetapi durabilitinya Oppo mengkalim sirip ini dapat naik turun hingga 200,000 kali tanpa masalah dan memiliki fitur keren yakni akan turun secara otomatis ketika smartphone memberikan reaksi jatuh dari ketinggian.

Peforma

oppo-reno-antutu Harga dan Spesifikasi Oppo Reno (2019)

Berada di kelas mid-end, Oppo Reno dilengkapi prosesor yang masih kencang saat ini yaitu prosesor Qualcomm Snapdragon 710 dengan fabrikasi 10 nm. Untuk CPU ditengai dengan Octa-core (2×2.2 GHz Kryo 360 Gold & 6×1.7 GHz Kryo 360 Silver) dan GPU Adreno 616. Peforma yang baik tersebut didukung juga dengan RAM 6/8 GB dan Memori Internal 128/ 256 GB.

Qualcomm Snapdragon 710 adalah prosesor kelas menengah dimana prosesor ini dapat menghandle kegiatan sehari – hari dan gaming dengan peforma yang baik serta perpindahan antar aplikasi juga sangat smooth. Oppo Reno juga telah menfukung 2.1 storage seperti Reno 10X Zoom. OPPO Reno juga mempunyai fitur bernama Touch Boost and Frame Boost yang terdapat di Game Boost 2.o di Color OS 6.0. Intinya fitur Game Boost 2.0 ini memberikan peningkatan peforma saat bermian game dengan mengalokasinya CPU usange untuk pengalaman bermain dan mengurangi latecy atau lag saat bermain game.

Untuk kelemahannya sayangnya Oppo Reno tidak didukung dengan slot microSD, tetapi dengan memori internal yang cukup besar harusnya hal ini tidak menjadi masalah untuk menyimpan aplikasi, games, foto, ataupun video Anda.

Baterai

Oppo Reno hadir dengan baterai berukuran 3,765mAh yang dapat menemani kegiatan satu haian penuh. Teknologi chargingnya juga telah mendukung super-fast charging besutan Oppo sendiri yaitu Super VOOC 3.0.

Fitur tebaru dari Super VOOC 3.0 ini yaitu dapat memberikan tegangan arus listrik yang besar tanpa mengurangi umur dari baterai dan tetap menjaga keamannya, selain itu terdaapt peningkatan peforma sebanyak 23.8% dari versi sebelumnya.

Kelemahan untuk Oppo Reno ini tidak dilengkapi dengan fitur wireless chargingnya yang sedang tren saat ini.

Harga Oppo Reno

Oppo Reno akan diumumkan secara resmi di Indonesia pada tanggal 17 Juni 2019. Dari sumber yang kami dapatkan harga untuk varian Oppo Reno di China yaitu berkisar antara Rp. 6,3 juta dengan RAM 6 GB dan Rp. 7,6 juta untuk RAM 8 GB. Seharusnya harganya tidak akan jauh berbeda ketika perilisan di tanggal 17 Juni 2019.

Spesifikasi Oppo Reno

Spesifikasi Oppo Reno akan kami berikan secara lengkap dengan format tabel dibawah ini.

Rilis

Diumumkan
April, 2019
RilisJuni, 2019

Bodi

Dimensi156.6 x 74.3 x 9 mm (6.17 x 2.93 x 0.35 in)
Berat185 g (6.53 oz)
SIMDual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)

Tampilan

TipeAMOLED capacitive touchscreen, 16M colors
OSAndroid 9.0 (Pie); ColorOS 6
ChipsetQualcomm SDM710 Snapdragon 710 (10 nm)
CPUOcta-core (2x2.2 GHz Kryo 360 Gold & 6x1.7 GHz Kryo 360 Silver)
GPUAdreno 616

Memory

Slot kartuNo
Internal256 GB, 8 GB RAM or 128 GB, 6 GB RAM

Kamera Utama

Dual48 MP, f/1.7, 26mm (wide), 1/2.0", 0.8µm, PDAF
5 MP, f/2.4, depth sensor
FiturDual-LED flash, HDR, panorama
Video[email protected], [email protected]/60/120fps, gyro-EIS

Kamera Depan

SingleMotorized pop-up 16 MP, f/2.0, 26mm (wide)
Video[email protected]

Sound

LoudspeakerYes
3.5mm JackNo

Umum

WLANWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, WiFi Direct, hotspot
Bluetooth5.0, A2DP, EDR, LE, aptX HD
GPSYes, with A-GPS, GLONASS, BDS
NFCYes
RadioNo
USBType-C 1.0 reversible connector, USB On-The-Go

Fitur

SensorFingerprint (under display), accelerometer, gyro, proximity, compass

Baterai

KapasitasNon-removable Li-Po 3765 mAh battery
ChargingFast battery charging 20W (VOOC 3.0 Flash Charge)

Lainnya

WarnaOcean Green, Jet Black, Nebula Purple, Pink Mist
ModelPCAM00, PCAT00, CPH1917

Kesimpulan

Fitur yang ditawarkan tidak kalah jauh kan dengan versi Zoomnya. Untuk Anda yang ingin menggunakan smartphone dengan kelas menengah Oppo Reno ini cocok menjadi pilihan Anda. Desain yang elegen dan mewah serta kameranya yang berbentuk sirip hiu membuat kesan hp ini sangat keren. Fitur – fitur terbaru seperti in-display finger print, motorik lens, layar full tanpa poni, dll. Untuk kelemahannya menurut penulis ada dua yakni tidak ada microSD dan tidak memiliki wireless charging.

Kelebihan

  • Desain kelas Flagship
  • Layar AMOLED dengan layaar lebar
  • Peforma yang baik
  • Fitur In-display fingerprint
  • Pivot Rising Camera
  • Support NFC
  • USB type C dan support fast charging VOOC 3.0
  • Terdapat headphone jack 3,5mm

Kekurangan

  • Tidak terdapat slot microSD
  • Tidak mendukung wireless charging
Gadget Awak Seorang pemimpi dan pecinta gadget. Selalu memberikan informasi mengenai gadget khususnya smartphone dan laptop.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *